Jurnal Riset Industri
Vol 10, No 1 (2016): Peran Teknologi dan Inovasi dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Produ

APLIKASI METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP) DALAM PENATAAN KLASTER INDUSTRI KELAPA SAWIT (STUDI KASUS KAWASAN INDUSTRI SEI MANGKEI)

Dharmayanti, Indrani ( Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian)
Hardjomidjojo, Hastisari ( Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB)
Fauzi, Anas Miftah ( Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB)
Mulyadi, Dedi ( Kementerian Perindustrian)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2016

Abstract

Potensi komoditas kelapa sawit di Indonesia terus mendorong pemerintah untuk melakukan program hilirisasidan mengembangkan klaster industri berbasis kelapa sawit. Salah satu pusat pengembangan produk turunankelapa sawit adalah kawasan industri Sei Mangkei di Sumatera Utara. Pada klaster tersebut, akan dibangunbeberapa industri produk turunan sawit. Tata letak industri dalam suatu klaster di suatu kawasan industrimemegang peranan penting dalam menentukan efisiensi produksi di kawasan tersebut. Analisis tata letak pabrikdibuat dengan mempelajari aspek seperti aliran bahan, hubungan aktivitas dan kebutuhan ruang. Penelitian inibertujuan untuk merancang dan memberikan rekomendasi tata letak industri yang akan dikembangkan dalamklaster industri kelapa sawit. Alternatif tata letak dirancang dan dievaluasi dengan menggunakan metodeSystematic Layout Planning (SLP). Tata letak industri dipilih dari alternatif yang memberikan jarak penangananmaterial dan alur kerja yang paling pendek sehingga mengurangi waktu dan biaya material handling, jarak yangditempuh oleh bahan dan personil, kemacetan, dan aliran proses. Dari hasil penelitian didapatkan rancanganlayout yang efisien bagi industri-industri pada klaster industri kelapa sawit di Kawasan Industri Sei Mangkei.Kata kunci : klaster industri kelapa sawit, kawasan industri Sei Mangkei, penataan ruang, systematic layoutplanning.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JRI

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial Research is a periodic scientific media to publish the results of research, study, review, and scientific review of industrial areas that have never been published that is not in the process of evaluating and has been approved by the others (if any) published three times a year ...