Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1, Februari 2018

Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Barisan dan Deret Bilangan Pada Siswa Kelas IX E SMPN 1 Kalidawir

Prayitno Prayitno (SMPN 1 Kalidawir, Tulungagung)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2018

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX E pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 32 siswa hanya 13 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 19 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Barisan dan Deret Bilangan tersebut. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Barisan dan Deret Bilangan serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Problem Based Learning. Penerapan pembelajaran Barisan dan Deret Bilangan melalui Metode Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX E  SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Barisan dan Deret Bilangan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...