Jurnal Kimia dan Kemasan
Vol. 38 No. 2 Oktober 2016

Sintesis Katalis Logam Berpenyangga Dendrimer Poligliserol Berbasis Turunan Kelapa Sawit

Rahmi, Dwinna ( Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kementerian Perindustrian RI Jl. Balai Kimia I Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur)
Yunilawati, Retno ( Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kementerian Perindustrian RI Jl. Balai Kimia I Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur)
Riyanto, Arief ( Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kementerian Perindustrian RI Jl. Balai Kimia I Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2016

Abstract

Pembuatan katalis logam dengan payangga dendrimer poligliserol telah dilakukan dengan beberapa tahapan proses yaitu polimerisasi, tosilasi aminasi dan pengikatan logam (Ni atau Cu). Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan niai tambah gliserol turunan kelapa sawit serta mendapatkan katalis dengan peyangga bahan agro lokal. Produk poligliserol amin ditandai dengan munculnya puncak pada spectrum FTIR yang mengindikasikan adanya gugus fungsi C=O atau C-O-O dan N=O. Dari spektrum massa LC-MS diketahui bahwa poligliserol di hasilkan pada menit ke 5,7. Selanjutnya dari percobaan penggunaan katalis Ni ini untuk proses hidrogenasi menghasilkan minyak terhidrogenasi dengan slip melting point pada 33 °C dan bilangan peroksida sebesar 0,25 mek/kg. 

Copyrights © 2016