Jurnal Kimia dan Kemasan
Vol. 32 No. 2 Oktober 2010

Aplikasi Katalis dalam Mengkonversi Limbah Plastik Menjadi Energi

Jati, Bumiarto Nugroho ( Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK), Kementerian Perindustrian RI Jl. Balai Kimia No 1, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta)
Ermawati, Rahyani ( Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK), Kementerian Perindustrian RI Jl. Balai Kimia No 1, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2010

Abstract

Sampai dengan saat ini sampah masih menjadi masalah utama di negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Dari semua jenis sampah yang ada saat ini, sampah yang berasal dari plastik ternyata jumlahnya cukup besar. Karena dianggap lebih praktis dan ekonomis, hampir semua aktifitas baik rumah tangga, industri maupun perdagangan selalu menggunakan plastik. Padahal dibalik besarnya fungsi dan manfaatnya juga terdapat bahaya yang sangat besar pula. Berbagai usaha telah dilakukan untuk mengurangi limbah plastik tersebut. Salah satunya adalah mengkonversi limbah plastik menjadi sumber energi. Para peneliti di seluruh dunia telah membuktikan keberhasilan usaha tersebut. Pada kajian ini, dipaparkan beberapa metode yang telah diteliti oleh para peneliti dalam mengkonversi limbah plastik, diantaranya adalah pirolisis (thermal cracking), hydrocracking dan hidroisomerisasi. Selain metode proses, jenis katalis yang digunakan dalam proses mempengaruhi tinggi rendahnya komposisi produk yang dihasilkan. Dengan dikembangkannya metode tersebut, limbah plastik yang selama ini masih menjadi permasalahan serius di masyarakat dapat menjadi sesuatu yang bermafaat bagi kepentingan manusia dan lingkungan. 

Copyrights © 2010