Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2017): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR

Elly Sukmanasa (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan)
Tustiyana Windiyani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan)
Lina Novita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2017

Abstract

Abstrak Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V masih menerapkan metode pembelajaran konvensional dimana siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru atau (teacher centre). Pembelajaran IPS oleh siswa dianggap membosankan, kurang menarik, tidak begitu penting, dan relatif sulit. Sebagai akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih rendah. Tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal.  Media yang biasa digunakan guru sebatas pada gambar-gambar yang ada dalam buku teks. Kondisi ini dapat diatasi dengan pengembangan media yang ada, salah satunya adalah pengembangan media komik digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan penelitian pengembangan atau R &D (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan adanya ketertarikan minat belajar siswa dengan penggunaan media komik digital materi Peristiwa Sekitar Proklamasi untuk mata pelajaran IPS kelas V SD. Media pembelajaran yang dikembangkan, dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi, validasi ahli media, validasi dan hasil ujicoba oleh guru serta tanggapan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital dapat dikembangan dan layak untk digunakan pada proses pembelajaran materi Peristiwa Sekitar Proklamasi utnuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar.  Kata Kunci : media komik digital, siswa, IPS   Abstract. The learning process of Social Science subject (IPS) in class V is still applied in conventional learning method in which the students listen more to teacher explanation (teacher center). Students considered that the learning process of Social Science is boring, less interesting, less important, and relatively difficult. As a result, the students' understanding of learning materials is still low. Learning objectives have not been achieved optimally. The media used by teachers is limited to the pictures in textbooks. This condition can be overcome with the development of existing media, one of which is the development of digital comic media. The research method used is explorative method with research development or R & D (Research and Development). The result of the research shows that the students are interested with the use of digital comics media of the event material about the Proclamation for the subjects of Social Science in grade V of Elementary School. The development of Learning media is stated to be eligible to be used based on validation by material experts, validation of media experts, validation and results of testing by teachers and student responses. Thus it can be concluded that the digital comic media can be developed and feasible to be used in the learning process of teaching of Events Around Proclamation for Social Science subjects in grade V of Elementary School.  Keyword : digital comic media, student, social science

Copyrights © 2017