Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN

EKSISTENSI GONTOR DI TENGAH ARUS MODERNISASI PENDIDIKAN SEBUAH MODEL INOVASI KURIKULUM

Muslim, Muslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model inovasi kurikulum. Kurikukum Gontor menjadi model alternatif bagi penyelenggara pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah (historiografi) dengan studi pustaka. Sumber primer yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah buku karya Kiayi Dr. A. Syukri Zarkasyi (Gontor dan Pembaruan Pendidikan Pesantren). Adapun sumber sekunder dari berbagai referensi yang relevan lainnya. Lalu data tersebut dideskripsikan menjadi sebuah konsep kurikulum. Alhasil, ditengah kondisi carut-marut bangsa yang dirongrong oleh penjajah sebelum masa kemerdekaan, Gontor turut menyemarakkan “Kebangkitan Pendidikan di Indonesia”. Saat ini pun, kurikulumnya menjadi acuan dalam implementasi modernisasi pendidikan.

Copyrights © 2017