Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Ambon yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas tersebut kelas X2 dan X4 dipilih secara acak sebagai sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk melihat pengaruh strategi REACT dan gaya kognitif data dianalisis menggunakan teknik ANOVA dua arah dengan uji F. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi REACT lebih unggul daripada pembelajaran konvensional, tidak ada perbedaan gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent serta terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif dalam hal kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMA Negeri 10 Ambon.
Copyrights © 2016