Saluran distribusi merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran yang memegang peranan penting dalam kegiatan pemasaran sebuah hotel. Tulisan ini, yang sepenuhnya berpijak pada sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh besaran saluran distribusi, baik langsung maupun tidak, terhadap pendapatan sebuah hotel. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif, yang bersumber pada data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saluran distribusi langsung berpengaruh negatif tidak signifikan dan saluran distribusi tidak langsung berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan hotel. Saran yang diberikan adalah sebaiknya manajemen hotel mengintensifkan pemasaran melalui agen dengan menjalin kerjasama yang lebih luas. Di samping itu, manajemen hotel juga perlu lebih mendayagunakan website portal dan online booking untuk meningkatkan pendapatan hotel.
Copyrights © 2018