MAGISTRA
Vol 27, No 92 (2015): Magistra Juni

BAHASA PENCITRAAN DALAM IKLAN KAMPANYE PILKADA KABUPATEN BOJONEGORO

Asror, Abdul  Ghoni  (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Penelitian tentang Bahasa Pencitraan dalam Iklan Kampanye Pilkada Kabupaten BoJonegoro.Pada hakikatnya Setiap teks selalu terkandung ideologi. Bahasa tidak dapat dipandang sebagai entitas yangnetral, tetapi memiliki ideologi yang membawa muatan kekuasaan. Ideologi dan kekuasaan tercermin dalampemakaian kosakata, kalimat, dan struktur wacana. Iklan kampanye sebagai sebuah teks adalah satu sistemtanda tergorganisir  yang merefleksikan sikap,  keyakinan dan  nilai-nilai tertentu. Kemasan  iklan kampanyepolitik secara sengaja dibuat  untuk membuat citra tokoh yang ditawarkan sebagai pilihan yang paling tepat.Penggunaan bahasa iklan kampanye menjadi manifestsi ekspresi ideologi untuk membentuk pendapat umumdengan mencitrakan diri secara positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencitraan calon bupatidan wakil bupati pada tahun 2012 silam dilakukan dengan memanfaatkan aspek-aspek formal teks yang meliputipecitraan pada level kosa kata dan  pencitraan pada level gramatika. Pada level kosa kata, Caleg  mencitrakandiri melalui (1) klasifikasi kosa kata, (2) kosa kata yang diperjuangkan, (3) kosa kata yang memarjinalkanorang lain, (4) kosa kata yang bernuansa kedaerahan. Pada level gramatika, Caleg mencitrakan diri melalui(1) modalitas, (2) pronomina, (3) kalimat positif-negatif, dan (4) kata penghubung.Kata Kunci: Bahasa pencitraan, wacana,  dan  iklan kampanye

Copyrights © 2015