Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 1, No 1 (2010): APRIL 2010

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PERMAINAN MONOPOLI BAGI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 GAJAH DEMAK SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Riyanti Riyanti (Unknown)
Wawan Kurniawan Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAFisika.Manfaat dari penelitian ini secara umum adalah untukmendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPAFisikamelalui permainan ?óÔé¼?ômonopoli?óÔé¼?Ø serta sebagai dasarpenelitian selanjutnya. Manfaat praktis bagi siswa untukmeningkatkan hasil belajarnya, meningkatkan rasa senang danmotivasi belajar IPA-Fisika. Bagi guru bermanfaat untukmendorong kreativitas dan inovasi dalam mendesainpembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakanmetode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan(Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan(Observing) dan refleksi (Reflecting) oleh guru dalam bentukkartu. Hasil pekerjaan siswa didiskusikan dalam kelompok dantidak dipresentasikan. Pada siklus II juga demikian. Setelah siswabekerja secara individu hasilnya didiskusikan pada kelompokbesar. Perwakilan dari kelompok besar mempresentasikanhasilnya ke depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. Hasilbelajar selama 3 kali ulangan harian sebelum diberi tindakan nilaitertinggi yang dicapai oleh siswa sebesar 79, nilai terendahnya 37dan rata-rata nilainya 49. jumlah siswa yang aktif kurang lebih 13anak dari 20 anak atau 65 %. Pada siklus I hasil belajar siswameningkat yaitu nilai tertinggi 87, nilai terendah 33, dan rata-ratanilai sebesar 63. Rata-rata 93,33 %. Hasil belajar siswa padasiklus II nilai tertinggi 90, nilai terendah 40, dan rata-rata nilaisebesar 67, rata-rata peran aktif siswa 98 %.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...