PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 6, No 2 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN KOSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI BERMAIN PAPAN TITIAN DI TK INDRIA DESA KUTOSARI KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG

Khoirul Anam (Unknown)
Purwadi . (Unknown)
Anita Chandra D.S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

ABSTRAK Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya konsentrasi belajar anak. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang melatih konsentrasi belajar anak.Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar melalui papan titian siswa A di TK Indria Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2016/2017”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk upaya meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar anak melalui papan titian di anak kelompok A Di TK Indria Kutosari Kabupaten batang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian adalah siswa kelompok A di TK Indria Kutosari Kabupaten Batang tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian yang diambil adalah 11 siswa kelompok A yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 5 anak laki-laki di TK Indria yang berkisar usia 4-5 tahun. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.Hasil analisis yang diperoleh dari awal penelitian ada 1 (9%) anak dari 11 anak yang memiliki kriteria baik. Kemudian, peneliti memberikan siklus I kepada anak untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar anak Siklus I memberikan peningkatan sebesar 50% (1 anak) dari 11 anak yang berkrotaeria baik. Karena belum berhasil, diberikanlah refleksi pada siklus II. Siklus kedua ini memberikan kenaikan sebesar 80% (7 anak) dari 11 anak yang berhasil dan dapat dikatakan penelitian ini berhasil.Bedasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya pembelajaran papan titian dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata kunci: Konsentrasi Belajar, Papan Titian, Anak Usia Dini   ABSTRACT The encouraging background of this study is the low concentration of children's learning. This is due to the lack of learning that train children's learning concentration. The problem in this research is "How to improve the ability of study concentration through board of student A at TK Indria of Batang Regency of Academic Year 2016/2017". The purpose of this research is to improve the ability of children's learning concentration through board of titian in children of group A in TK Indria Kutosari Batang district. This type of research is a classroom action research. The population of the study were students of group A in Indria Kutosari Kindergarten of Batang Regency in the academic year 2016/2017. The sample of this research is 11 students of group A consisting of 6 girls and 5 boys in Indria kindergarten which ranged from 4-5 years old. This research data obtained through observation and documentation. The results of analysis obtained from the beginning of the study there are 1 (9%) children of 11 children who have good criteria. Then, the researcher gives cycle I to the child to improve the ability of children's learning concentration. Cycle I gives an increase of 50% (1 child) from 11 children with good characteristic. Because it has not succeeded, the reflection is given in cycle II. This second cycle gives an increase of 80% (7 children) from 11 successful children and it can be said this research is successful. Based on the results of this study the suggestion that can be submitted is that the learning board board can be used as an alternative teacher in teaching. Keywords: Learning Concentration, Titian Board, Early Childhood 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...