Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sumber pembelajaran penyetelan karburator sepeda motor, gambaran hasil belajar dan ketercapaian waktu hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi di SMALB. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian subjek tunggal (Single Subject Research). Metode ini difokuskan untuk melihat perubahan perilaku subjek, apakah ada atau tidaknya pengaruh intervensi terhadap target behavior dalam fase yang telah ditentukan. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu maka dari itu terhambatnya faktor komunikasi pada siswa tunarungu. Desain penelitian menggunakan desain reversal tipe A-B-A, dimana pengukuran fase baseline diulang dua kali. Fase baseline (A1) dilakukan sebelum fase intervensi, kemudian dilakukan fase baseline (A2). Fase baseline (A1), fase baseline (A2) dan fase intervensi dilakukan sebanyak empat kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi lebih dapat menangkap apa yang mereka lihat secara langsung. Keterampilan penyetelan karburator menggunakan metode demonstrasi pada siswa tunarungu menunjukan peningkatan yang baik.
Copyrights © 2016