Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies
Vol 41, No 1 (2003)

Gaining a Competitive Advantage by Integrating Islamic Values within Company Behavior

Alwi, Syafaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2018

Abstract

Dewasa ini terutama pengalaman di Indonesia, banyak sekali terjadi praktik-praktik bisnis yang tidak mengindahkan norma-norma etika ekonomi yang normal. Hasrat meraih keuntungan dan menjadi pemenang dalam persaingan pasar, seringkali tidak menggunakan strategi-strategi bisnis yang bertumpu pada nilai-nilai religius yang sebenarnya merupakan salah satu sumber keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Tulisan ini membahas nilai-nilai dalam Islam yang bermanfaat bagi pengembangan kultur perusahaan. Nilai-nilai tersebut diintegrasikan melalui pembentukan karakter sumber daya manusia dalam perusahaan, yang digali dari sifat-sifat kepemimpinan Nabi Muhammad Saw dan ayat-ayat al-Quran yang relevan dengan topik sebagai dasar pembahasan. Impak yang diharapkan dari terbentuknya kultur yang Islami dalam perusahaan, akan menghasilkan produk-produk dan jasa-jasa yang valuable dan halal bagi pelanggannya.

Copyrights © 2003






Journal Info

Abbrev

AJIS

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Al-Jamiah invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islam, Muslim society, and other religions which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of law, philosophy, mysticism, history, art, ...