JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal PBSI Januari 2017

PENGGUNAAN METODE PRACTICE-REHEARSAL-PAIRS DALAM MENYUSUN PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 1 UNGGUL SUKAMAKMUR

Ekawati Ekawati (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Saifuddin Mahmud (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Muhammad Iqbal (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Penggunaan Metode Practice-Rehearsal-Pairs dalam Menyusun Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa Kelas VIII SMPN 1 Unggul Sukamakmur”. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode PRP dalam menyusun petunjuk melakukan sesuatu oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Unggul Sukamakmur (2) Bagaimanakah proses pembelajaran dengan menggunakan metode PRP dalam menyusun petunjuk melakukan sesuatu oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Unggul Sukamakmur (3) Bagaimanakah hasil pembelajaran dengan menggunakan metode PRP dalam menyusun petunjuk melakukan sesuatu oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Unggul Sukamakmur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data penelitian ini (1) Guru menyusun RPP sesuai dengan metode PRP (2) Menganalisis proses belajar-mengajar, langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan pelaksanaan langkah-langkah yang dilalui pada RPP. Tahap proses pembelajaran diamati melalui lembar pengamatan (3) Hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru menyusun RPP sesuai dengan langkah-langkah metode PRP. Pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode PRP berjalan dengan terorganisasi dan telah sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru serta dapat membuat siswa menjadi aktif dan antusias dalam proses pembelajaran menyusun petunjuk melakukan sesuatu.  Hasil pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran menyusun petunjuk melakukan sesuatu dengan menggunakan metode PRP memenuhi nilai KKM, yaitu 70.Kata kunci: Metode Practice-Rehearsal-Pairs, menyusun petunjuk melakukan sesuatu     ABSTRACT This study, entitled "Method of Use Practice-Rehearsal-Pairs in Developing Guidelines Do Something by Grade SMPN 1 Superior Sukamakmur". The formulation of the problem is (1) How the lesson plan by using PRP in preparing instructions to do something by the students of class VIII SMPN 1 Superior Sukamakmur (2) What is the process of learning by using PRP in preparing instructions to do something by the students of class VIII SMPN 1 Superior Sukamakmur (3) How can learning outcomes by using PRP in preparing instructions to do something by class VIII SMPN 1 Superior Sukamakmur. Data collection techniques used in this study is observation. This research data analysis techniques (1) Teachers prepare lesson plans in accordance with the method of PRP (2) to analyze the teaching and learning process, learning steps in accordance with the implementation of the measures passed in the RPP. Stage of the learning process is observed through the observation sheet (3) Results of learning. These results indicate that teachers write lesson plans in accordance with the steps PRP method. The process of learning to walk with the PRP method and has been organized in accordance with the RPP have been made and the teachers can make students become active and enthusiastic in the learning process constitutes evidence do something. Learning outcomes conducted teacher in preparing the instructions to do something using PRP meet the KKM, which is 70Keywords: methods Practice-Rehearsal-Pairs, prepared a manual for doing something

Copyrights © 2017