Indonesia Symposium on Computing
Indonesia Symposium on Computing (IndoSC) 2016

ANALISIS KLASIFIKASI SENTIMEN DAN PERINGKASAN PADA REVIEW PRODUK MENGGUNAKAN METODE UNSUPERVISED

Warih Maharani ( Telkom University)
Anisa Herdiani ( Telkom University)
Muhammad Husein Adnan ( Telkom University)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Peningkatan transaksi e-commerse telah membuat para pelaku pasar mengalihkan proses jual-beli ke arah modernisasi melalui internet. Banyak Website penyedia layanan jual-beli online yang bermunculan hingga memudahkan juga bagi konsumen untuk mengutarakan opininya mengenai produk yang dia beli serta produsen dalam mengetahui opini konsumen tersebut. Sayangnya opini mengenai review suatu produk yang dijumpai, jumlah nya sangat banyak dan menyulitkan untuk ditarik kesimpulan. Pada penelitian ini dilakukan analisis untuk membuat sebuah sistem yang dapat memberikan klasifikasi dan ringkasan atas review produk tersebut. Review tehadap suatu produk, umumnya tidak hanya kepada produk itu sendiri namun lebih banyak kepada fiturfiturnya. Untuk itu dilakukan juga analisis untuk dapat mengambil fitur-fitur dari produk dan kata opininya menggunakan metode Noun Phrase Chunking dan Double Propagation. Klasifikasi ditingkat aspek dilakukan untuk menentukan opini–opini pada review produk kedalam opini positif dan negatif. Ada banyak metode untuk melakukan klasifikasi tersebut, pada penelitian ini digunakan metode Unsupervised berbasis kesamaan polarity pada setiap kata opini yang muncul bersamaan yang dihubungkan dengan sebuah konjungsi “and” yang mampu memberikan orientasi opini dengan tepat.

Copyrights © 2016