Jurnal Mirai Management
Vol 3, No 1 (2018)

Persepsi Kualitas Jasa Layanan Perizinan terhadap Inovasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bantaeng

Jumhariani, Jumhariani (Unknown)
Bata Ilyas, Gunawan (Unknown)
Munir, Abdul Razak (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) persepsi pengguna jasa layanan perizinan terhadap inovasi pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng, (2) kepuasan pengguna jasa terhadap inovasi yang sudah berjalan selama ini di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng, (3) Untuk mengetahui inovasi yang dikembangkan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng.Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng mulai bulan Nopember 2017 sampai dengan Januari 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan mengambil sampel 100 pengguna jasa sebagai responden secara aksidental yang datang menggunakan layanan jasa perizinan dengan menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui persepsi dan kepuasan pengguna jasa, data dianalisis menggunakan alat statistik deskriptif dan regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memberikan persepsi positif terhadap inovasi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng. Kualitas Layanan berpengaruh terhadap kepuasan secara simultan, secara parsial 4 variabel yaitu Tangibel (penampilan), responsiveness (tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa, sedangkan variabel reliability (kehandalan) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa.Kata-kata Kunci :  Persepsi, Kualiatas Jasa, Kepuasan Pengguna Jasa, Inovasi. ABSTRACTThe aims of this study to know: (1) users perception of licensing services to innovation services at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng; (2) users satisfaction toward current innovation at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng (3) developed innovation at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng.This study was conducted at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng from November 2017 to January 2018. The research was identification survey with sample of 100 the users of as accidental respondents of the licenses user by using questionnaire. To identify the perception and satisfaction of service users, the data were analyzed using descriptive and multiple regression statistical tools.The research results shows that mostly respondent gave positive perception to innovation at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng. Service Quality variables influence satisfaction simultaneously, partially 4 variables namely tangible, responsiveness, assurance, and empathy have significant influence to user satisfaction, while reliability has no significant influence to user satisfaction.Keywords :  Perception, Service Quality, users satisfaction, innovation

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...