Monex: Journal of Accounting Research
Vol 6, No 2 (2017)

PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HARIAN PAGI RADAR TEGAL PADA PT. WAHANA SEMESTA TEGAL

Fani Eldiana (Politeknik Harapan Bersama)
Hetika Hetika (Politeknik Harapan Bersama)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2017

Abstract

Pemasaran relasional merupakan salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk menjaga hubungan baik jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel komitmen, kepercayaan, dan komunikasi terhadap loyalitas pelanggan Harian Pagi Radar Tegal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif kuantitatif kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Analisis ini terdiri dari : uji validitas, uji reliabelitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis t dan f, dan uji koefisien determinasi (R2). Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemasaran relasional yang terdiri dari komitmen, kepercayaan, dan komunikasi, sedangkan variabel terikatnya yaitu loyalitas pelanggan.Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukan bahwa secara parsial ketiga variabel independen yang diteliti yaitu variabel komitmen, kepercayaan, dan komunikasi terbukti berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan. Kemudian melalui uji f, ketiga variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan. Angka Adjust R2 sebesar 0,663 menunjukan bahwa 66,3% variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi, sedangkan sisanya 33,7% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar penelitian ini.Kesimpulannya bahwa secara parsial dan simultan variabel dari pemasaran relasional yang terdiri dari komitmen, kepercayaan, dan komunikasi merupakan faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Harian Pagi Radar Tegal Pada PT. Wahana Semesta Tegal.Kata kunci : komitmen, kepercayaan, komunikasi, loyalitas. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

monex

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Monex: Journal of Accoutning Research or Monex (previously known as Monex: Journal Research Accounting Politeknik Tegal) is a peer-reviewed and open-access journal published by Politeknik Harapan Bersama in collaboration with Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) and ...