Warta IHP (Warta Industri Hasil Pertanian)
Vol 33, No 01 (2016)

Kajian Proses dan Ekonomi Pabrik Bioetanol dari Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS)

-, Abdurachman ( Balai Besar Teknologi Pati (B2TP) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (B2TP-BPPT) Lampung Tengah, Lampung, Indonesia.)
Gozan, Misri ( Lab Biorefinery, Program Studi Teknik Bioproses, Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia Depok 16424, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2018

Abstract

Salah satu tahap yang penting dalam perancangan pabrik adalah perhitungan keekonomian yang biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi simulasi proses. Beberapa penelitian terdahulu, memanfaatkan SuperPro Designer sebagai simulasi proses, dan belum banyak yang menggunakannya pada proses produksi bioetanol khususnya yang berbahan baku tandan kosong kelapa sawit (TKKS). Pada simulasi ini, dilakukan empat skenario proses: (1) SHF-Adsorpsi; (2) SHF-Permeasi Uap; (3) SSF-Adsorpsi;  dan   SSF-Permeasi Uap, dimodelkan menggunakan SuperPro Designer yang memfasilitasi komposisi bahan baku dan produk, ukuran unit operasi, konsumsi utilitas, estimasi modal dan biaya operasional serta pendapatan dari produk dan co-product. Permodelan didasarkan pada data yang diperoleh dari produsen etanol, penyedia jasa teknologi, manufaktur peralatan dan jasa engineering untuk industri. Dari hasil analisis ekonomi hasil simulasi, skenario SSF-Permeasi Uap yang paling rendah biaya produksinya dan dapat dikembangkan di Indonesia dengan Payback period 4,07 tahun; ROI 24,55%; dan IRR 18,98%. Konversi bioetanol standar bahan bakar yang dihasilkan pada skenario SSF-Permeasi Uap adalah 29,58%. Berdasarkan analisis sensitivitas pada skenario tersebut, fluktuasi harga jual bioetanol, harga tepung TKKS dan harga enzim sangat mempengaruhi nilai keekonomian pabrik bioetanol.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ihp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Warta IHP (Industri Hasil Pertanian) is a Scientific Journal which is sourced from research papers, new theoretical/interpretive findings, and critical studies or reviews (by invitation) in the agro-based industry scope that cover any discipline such as: food science and technology, agricultural ...