Indonesia is one of the developing countries, that most of the financing of the state supported by the tax sector.  Indonesia applied self-assessment system today , where the system requires taxpayers to meet the obligation gladly independently. The awareness and voluntary principles in pay taxs is the most important thing to achieve the successful implementation of the system.  The purpose of this research to  analyze and explain the influence together or partially, between the perception of corruption in tax and service quality tax officer towards compliance taxpayers. This research categorized of explanatory research, with 100 respondents personal people registered in the KPP Pratama Batu as a sample of research. Techniques for samples through sampling forcible entry. The analysis used is the analysis of descriptive statistics and inferential statistics with multiple linear regression, as data analysis techniques. This research showed that the variables perception of corruption in tax and quality of service tax officer significant effect towards compliance taxpayers together. There is a significant influence partially between the corruption perception variable taxs towards compliance taxpayers partially, and the influence of partially between the service quality variable tax officer towards compliance taxpayers partially. Keywords : Perception Corruption. ABSTRAK Indonesia termasuk dalam satu dari negara berkembang, yang sebagian besar pembiayaan negara ditopang oleh sektor pajak. Dewasa ini Indonesia menereapkan Self assessment system, dimana sistem tersebut mengharuskan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajaknya secara mandiri. Kesadaran dan kesukarelaan dalam membayar pajak adalah hal terpenting untuk mencapai keberhasilan penerapan sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, dan menjelaskan bagaimana pengaruh secara bersama-sama maupun secara parsial, antara persepsi korupsi pajak dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dikategorikan jenis explanatory research, dengan 100 responden orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Batu sebagai sampel penelitian. Teknik untuk menentukan sampel melalui accidental sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif, dan statistik inferensial dengan regresi linear berganda, sebagai teknik analisis data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa variabel persepsi korupsi pajak (X1) dan kualitas pelayanan fiskus (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak secara bersama-sama. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara variabel persepsi korupsi pajak (X1) terhadap kepatuhan wajib pajak secara parsial, dan pengaruh secara parsial pula antara variabel kualitas pelayanan fiskus(X2) terhadap kepatuhan wajib pajak secara parsial. Kata Kunci: Persepsi Korupsi.
Copyrights © 2016