Penelitian ini dilaksanakan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buton Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan perpustakaan daerah Kabupaten Buton Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah Kuantitatif. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis IKM. pelayanan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Buton Utara terhadap tingkat kepuasan masyarakat pengguna perpustakaan dapat ketahui dari jawaban 40 responden yang dilihat dari berapa banyak yang menjawab/menggunakan alternatif jawaban pada 9 unsur pelayanan tentang kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Buton Utara mendapatkan Nilai indeks sebesar 2,996, IKM sebesar 74,9 , sedangkan mutu pelayanan dengan nilai B. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mencapai nilai ideal dengan predikat baik dengan kata lain Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Buton Utara telah memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat khususnya pengguna perpustakaan daerah di Buton Utara. Ada beberapa unsur layanan yang harus diperhatikan antara lain biaya/tarif pelayanan, produk spesifikasi jenis pelayanan, dan perilaku pelaksana pelayanan. Dengan demikian hal-hal yang berkenaan dengan aspek ini seperti, biaya/tarif, jenis layanan dan perilaku pelaksana perlu diperhatikan dan lebih baik di tingkatkan terus. Kata kunci: Kepuasan Masyarakat, Unsur Layanan, Petugas Perpustakaan.
Copyrights © 2017