Journal of Economic Education
Vol 6 No 2 (2017): November 2017

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jiwa Kewirausahaan (Entrepreneurship) Pemilik Rumah Makan Pringsewu Group di Wilayah Tegal

Nurlaela, Nurlaela (Unknown)
Prajanti, Sucihatiningsih Dian Wisika (Unknown)
Soesilowati, Etty (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2017

Abstract

___________________________________________________________________ Sukses mengelola rumah makan tidaklah mudah terbukti banyak usaha rumah makan yang tidak mampu bertahan lama, untuk itu diperlukan jiwa kewirausahaan bagi pemilik rumah makan. Sikap dan perilaku yang mengandung nilai-nilai kewirausahaan (percaya diri dan optimis, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko kepemimpinan, keorisinalitasan, dan orientasi pada masa depan) perlu dimiliki oleh pengusaha yang ingin sukses. Salah satu contoh pengusaha sukses adalah pemilik rumah makan Pringsewu Group dengan 16 cabang rumah makan yang tersebar di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selain omset penjualan yang mencapai ratusan juta rupiah setiap bulan, usaha ini juga telah banyak meraih penghargaan berkat kreativitas pemilik rumah makan. Untuk mengetahui berapa besar nilai-nilai kewirausahaan dalam mempengaruhi jiwa kewirausahaan pemilik rumah makan merupakan tujuan penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan kepada 71 karyawan Pringsewu di wilayah Tegal. Hasil penelitian menyatakan bahwa sikap yang dominan mempengaruhi jiwa kewirausahaan pemilik rumah makan Pringsewu Group adalah sikap percaya diri dan optimis yaitu sebesar 34,1%. Urutan selanjutnya adalah 31,7% untuk kepemimpinan, 27,3% keorisinalitasan, 23,8% berani mengambil resiko, 23,1% sikap orientasi ke masa depan, dan terakhir 20,1% adalah sikap borientasi pada tugas dan hasil. Untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui sikap beroreintasi pada tugas dan hasil pemilik rumah makan dituntut lebih semangat lagi dalam bekerja, berinisiatif untuk meningkatkan kreatifitas dan prestasi. Successfully managing a restaurant is not easy because many restaurant businesses are not able to last long, therefore It takes entrepreneurial spirit for the owner of the restaurant. Attitudes and behaviors that contain entrepreneurial values ​​(confident and optimistic, task-oriented and result oriented, risk-taking leadership, keorisinalitasan, and orientation in the future) needs to be owned by entrepreneurs who want to succeed. One example of successful entrepreneurs is the owner of Pringsewu Group restaurant has 16 branch restaurants spread in Central Java and West Java. In addition to the successful sales reaches hundreds of millions of rupiah every month, this business has also been awarded many thanks to the creativity of restaurant owners. To find out how much entrepreneurial value in influencing entrepreneurial spirit of restaurant owner is the purpose of this research. The study was conducted with questionnaires distributed to 71 Pringsewu employees in the Tegal area. The result of research stated that dominant attitude influence entrepreneur spirit of Pringsewu Group restaurant owner is confident and optimistic attitude that is equal to 34,1%. The next sequence is 31.7% for leadership, 27.3% onorisinalitasan, 23.8% dare to take risks, 23.1% orientation to the future, and last 20.1% is the attitude of borientasi on task and result. Task-oriented attitude can be enchanced with more enthusiasm in work, take the initiative to improve creativity and initiative to improve creativity and achievement.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jeec

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Journal of Economic Education publishes articles of original researchs and conceptual studies economics teaching and learning. This journal is published by Postgraduate Program, Universitas Negeri ...