Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 3 No 1 (2015): Vol 3, No 1, 2015

KOMPARASI HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DAN ASSIGNMENT AND RECITATION

Mutmainna Mutmainna (Unknown)
Andi Ferawati Jafar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bajeng menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation yang sesuai dengan standar KKM,  sekaligus untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Equivalent Time Sampel Desain. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tesdanobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasilbelajar denganmengguunakan metode discovery learningberadadalamkategoribaikdanhasilbelajar denganmenggunakan metode assignment and recitationinijugaberadadalamkategoribaik. Sedangkan hasil inferensial yaitu T tabel˂ Thitungsehingga terdapat  perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dengan peserta didik yang menggunakan  metodeassignment and recitation.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...