Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra
Vol 1, No 1 (2017): Eralingua

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 12 MAKASSAR

Ikawati Awing (Universitas Negeri Makassar)
Nurming Saleh (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar dengan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan bentuk control group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar yang terdiri dari 7 kelas. Jumlah sampel adalah 24 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol melalui sample acak. Data penelitian ini diperoleh melalui teks keterampilan menulis dan dianalisis dengan uji-t.Hasil analisis data thitung2,45> ttabel2,013 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

eralingua

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Eralingua has been published by Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar. This journal receives research articles which examine about foreign language which use various approaches like linguistics, education, and literature. The Journal ...