Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 1, No 3 (2015): Nero

Penerapan Metode ISSAF dan OWASP versi 4 Untuk Uji Kerentanan Web Server

Dirgahayu, Raden Teduh ( Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang Km. 14,5 Yogyakarta)
Prayudi, Yudi ( Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang Km. 14,5 Yogyakarta)
Fajaryanto, Adi ( Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang Km. 14,5 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 May 2016

Abstract

Untuk mengamankan web server dariserangan hacker maka sebaiknya para pemilik web server melakukan self test terhadap server mereka sendiri. Melalui self test ini, para pemilik web server akan mengetahui letak kerentanan dari sistem yang ada. Salah satu metode self test ini adalah penetration test. Metode ini sama dengan aktivitas hacking namun dilakukan secara legal. Penelitian ini, metode implementasi penetration test yang akan digunakan adalah ISSAF (Information Systems Security Assessment Framework) dan OWASP versi 4. IKIP PGRI Madiun sebagai salah satu instansi pendidikan sudah mempunyai web server sendiri sejak tahun 2010. Berdasarkan wawancara dengan pengelola web server IKIP PGRI Madiun, sejak pertama kali web server online sampai saa tini web server berhasil dibobol oleh hacker beberapa kali dalam setahun dan belum pernah dilakukan penetration test pada web servernya. Hasil pengujian dan analisa dengan metode ISSAF menunjukkan bahwa sistem web server IKIP PGRI Madiun masih dapat ditembus dan mengambil alih hak akses administrator, sedangkan dengan metode OWASP versi 4 menunjukkan bahwa manajemen otentifikasi, otorisasi dan manajemen sesi belum diimplementasikan dengan baik. Kata kunci: webserver, pentest, owasp, issaf, framework.

Copyrights © 2015