Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 2, No 3 (2016): NERO

PENGENALAN WAJAH SECARA REAL TIME MENGGUNAKAN METODE CAMSHIFT, LAPALCIAN of GAUSSIAN DAN DISCRETE COSINE TRANSFORM TWO DIMENSIONAL (LoGDCT2D)

Sultoni, Sultoni ( Program Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl MT Haryono No. 167, Malang)
Dachlan, Hary Soekotjo ( Program Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl MT Haryono No. 167, Malang)
Mudjirahardjo, Panca ( Program Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl MT Haryono No. 167, Malang)
Rahmadwati, Rahmadwati ( Program Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl MT Haryono No. 167, Malang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Penelitian pengenalan wajah sudah mulai berkembang beberapa dekade terakhir dan sudah banyak diaplikasikan terutama untuk sistem keamanan. Banyak metode yang bisa digunakan dalam pengenalan wajah, salah satunya adalah pengenalan wajah secara real time dengan menggunakan metode Camshift, Laplacian of Gaussian  dan Discrete Cosine Transforom Two Dimensional (LoGDCT2D). Berdasarkan hasil uji coba terhadap 10 orang dimana tiap-tiap orang diambil 10 citra wajah sebagai data pelatihan dengan berbagai posisi dan pose, kemudian dibandingkan dengan 100 frame  video  orang yang bersangkutan, menghasilkan akurasi yang cukup baik apabila dibandingkan dengan metode DCT2D dan Gabor Wavlet. Berdasarkan penelitian terdahulu akurasi dari DCT2D adalah sekitar 85,40% dan Gabor Wavlet memiliki akurasi 79,31% sedangkan LoGDCT2D memiliki tingkat akurasi sebesar 93,91%. Dilihat dari waktu komputasi juga masih cukup baik, dimana rata – rata waktu komputasi dari LoGDCT2D adalah 2,14 detik ini mengindikasikan bahwa dengan adanya penambahan filtering menggunakan LoG dapat meingkatkan akurasi pengenalan dan dengan waktu komputasi yang tetap stabil.Kata kunci: Pengenalan Wajah, Camshift, LoG, DCT2D, LoGDCT2D.

Copyrights © 2016