Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Volume 3 No 1 Juni 2018

Pengaruh Brand Intention dan Brand Reliability terhadap Brand Loyalty dengan Brand Affect sebagai Variabel Mediasi Pengguna Android di Wilayah Surakarta

Dewi, Septiana Novita (Unknown)
Mahendra, Denny (Unknown)
Haryanto, Aris Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2018

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi (IT) saat ini sangat pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal itu membuat persaingan dibidang usaha ini sangat ketat. Perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan informasi harus terus berinovasi agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya juga mampu bersaing dengan perusahaan sejenis. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand intention dan brand reliability terhadap brand loyalty dengan brand affect sebagai variabel mediasi pengguna android di Wilayah Surakarta. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu yaitu pengguna android di wilayah Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 250 responden dan sudah memenuhi kriteria  menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa: niat merek (brand intention) berpengaruh positif pada pengaruh merek (brand affect). kehandalan merek (brand reliability) berpengaruh positif pada pengaruh merek (brand affect). niat merek (brand intention) berpengaruh positif pada loyalitas merek (brand loyalty). keandalan merek (brand reliability) berpengaruh positif pada loyalitas merek (brand loyalty. pengaruh merek (brand affect) berpengaruh positif pada loyalitas merek (brand loyalty). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa : pengaruh langsung niat merek (brand intention) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) lebih besar dibandingkan melalui pengaruh merek (brand affect). pengaruh langsung keandalan merek (brand reliability) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) lebih besar dibandingkan melalui pengaruh merek (brand affect)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

benefit

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a peer-reviewed journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Surakarta, covering a variety of topics in economics, management, business and ...