Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap setiap variabel dan variabel yang dominan mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian ikan di Pangkalan Pendaratan Ikan Kota Kendari. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jumlah sampel 38 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil tanggapan konsumen terhadap setiap variabel yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian ikan di PPI Kota Kendari berada dalam kategori tinggi. Hasil koefisien determinasi adalah 0,860, berarti 86% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel harga, selera, kualitas ikan, dan pendapatan konsumen, sedangkan 14% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan variabel harga, selera, kualitas ikan dan pendapatan konsumen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga, selera, kualitas ikan dan pendapatan konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel selera, hal tersebut berdasarkan hasil uji t dimana nilai Beta untuk selera paling besar yaitu sebesar 0,387.Kata Kunci : Analisis faktor, keputusan pembelian ikan, pangkalan pendaratan ikan
Copyrights © 2017