Jurnal Kesehatan Reproduksi
Vol 4, No 3 (2017)

Client Satisfaction After Family Planning Counseling by Trained Medical Students

Prawitasari, Shinta (Unknown)
Sangun, Diannisa I E (Unknown)
Rahman, Muhammad Nurhadi (Unknown)
Emilia, Ova (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Latar Belakang: Program keluarga berencana mengalami tren penurunan di Indonesia dikarenakan adanya kendala pengetahuan, hambatan budaya, dan ketidakpuasan klien terhadap efek dari penggunaan alat kontrasepsi. Konseling keluarga berencana oleh penyedia layanan kesehatan memainkan peran yang penting dalam memberikan informasi mengenai metode program keluarga berencana.Tujuan: Mengetahui kepuasan klien terhadap konseling keluarga berencana yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran yang telah dilatih.Metode: Penelitian ini merupakan pre-experiment design with posttest only. Dua puluh lima mahasiswa kedokteran yang mengikuti progam ditugaskan untuk memberikan konseling keluarga berencana kepada klien program keluarga berencana di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Modifikasi kuisioner dari William dkk digunakan untuk menilai kepuasan klien. Analisis deskriptif dilakukan dengan program SPSS versi 21.Hasil dan Pembahasan: Dari 69 klien yang mendapatkan pelayanan,secara umum lebih dari 97% klien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan kecuali pada poin waktu tunggu dimana ketidakpuasan klien 11,8%. Kepuasan pada poin merasa dihormati, durasi konseling, metode pemberian informasi, kesempatan bertanya, dan kesesuaian antara informasi yang dibutuhkan dengan yang diberikan mencapai 98,5-100%.Kesimpulan: Sebagian besar klien merasa puas dengan konseling yang diberikan oleh mahasiswa kedokteran.Kata kunci: kepuasan, keluarga berencana, konseling, mahasiswa kedokteran

Copyrights © 2017