Jurnal Komputer Terapan
Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Komputer Terapan

Rancang Bangun Sistem Informasi Pengembangan Sumber Daya pada Level View Menggunakan Android (Studi Kasus : PT Chevron Pacific Indonesia)

Putra Nugraha (Politeknik Caltex Riau)
Muhammad Arif F Ridha (Politeknik Caltex Riau)
Juni Nurma Sari (Politeknik Caltex Riau)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) memiliki sebuah program People Development yang terdiri dari training, mentoring, dan assignment. Pengelolaan data peserta (participant) dari program ini dilakukan oleh pihak Human Resources (HR) secara manual menggunakan aplikasi spreadsheet. Sistem informasi dibangun untuk memudahkan HR dari PT Chevron Pacific Indonesia dalam mengelola data participant dan membuat laporan (report) dari program People Development secara otomatis dan lebih cepat. Report yang dibangun tersedia dalam lima bentuk diantaranya, training graduation template, progress report, statistic report, scorecard, dan people metric. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan arsitektur Model View Controller (MVC) dimana pada level view akan dibangun dalam dua bentuk tampilan, berupa aplikasi website dan aplikasi mobile dengan sistem operasi Android. Pada proyek akhir ini, dibangun aplikasi pada level view menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android yang berintegrasi dengan controller berbasis Java. Aplikasi ini mengambil data JSON yang dikirim oleh controller dan mengirimkan data input dari smartphone dalam bentuk data JSON ke controller. Dengan adanya sistem informasi ini dapat meningkatkan kinerja dari pengelolaan data dan pembuatan report dari program People Development yang tersedia dalam aplikasi website juga dalam aplikasi smartphone dengan sistem operasi Android.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jkt

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Applied Computer Journal Articles from various fields in Informatics, Information Systems and Computer science. Topics included, 1. Informatics 1.1 Software Engineering 1.2 Multimedia 2. Information Systems 2.1 Soft Computing 2.2 Business Analyst 2.3 Data Engineering 3. Computer science 3.1 ...