Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2016): Juli

MATERI OTENTIK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INGGRIS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Niken Reti Indriastuti (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2016

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu alternative bagi pengajar untuk menyelesaika permasalahan di kelas. Salah satu permasalahan yang sering muncul  dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris adalah materi pembelajaran yang kurang efektif. Maka seagai pengajar Bahasa Inggris untuk program studi  Manajemen (English for Specific Purposes) penulis juga mengalami permasalahan tersebut, sehingga penulis terdorong untuk melakukan PTK guna meningkatkan prestasi Bahasa Inggris mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan menerapkan materi otentik. Materi otentik adalah materi pembelajaran dari sumber otentik dan dibuat bukan untuk tujuan pembelajaran. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian mahasiswa Manajemen yang sedang mengambil mata kuliah Business English khususnya kelas B pada semester genap tahun akademik 2014/2015. Instrumen yang dipakai adalah catatan lapangan, ceklis pengamatan, wawancara, kuisioner, dan tes. Sementara  analisa data dilakukan dengan cara penghitungan prosentasi dan deskripsi interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan prestasi belajar Bahasa Inggris (Business English) mahasiswa Manajemen mengalami peningkatan khususnya setelah  materi otentik tersebut diterapkan dengan menggunakan strategi berpasangan. Hal ini dikarenakan jumlah mahasiswa yang cukup besar sementara penataan kursi juga sulit dilakukan ulang. Dengan berpasangan meminimalisir mahasiswa yang cenderung tidak mau aktif dalam proses pembelajaran. Dan dalam menyelesaikan tugas ketika jumlah kelompok lebih kecil  mahasiswa cenderung lebih bertanggung jawab dibandingkan jika  mereka  berada dalam kelompok besar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...