JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 9, No 1 (2017): Juni 2017

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL MELALUI SUPERVISI AKADEMIK GURU SEJARAH DI SMA NEGERI LUBUKPALKAM KABUPATEN DELI SERDANG

Ukur, Sada (Unknown)
Purba, Sukarman (Unknown)
Wau, Yasaratodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri Lubukpakam Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah 8 orang guru mata pelajaran sejarah pada SMA Negeri Lubukpakam Kabupaten Deli Serdangi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kompetensi profesional guru adalah  pedoman wawancara yang ditujukan kepada guru. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi akademik digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah  dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah dilakukan supervisi akademik pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan nilai 72,94 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 87,49. Penilaian pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan nilai 72,87dan pada siklus II tergolong baik dengan nilai 85,41. Penilaian Kompetensi Profesional Guru kegiatan supervisi akademik pada siklus I tergolong cukup dengan nilai 67,5 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 85,62. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Negeri Lubukpakam Kabupaten Deli Serdangl. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu pelaksanaan supervisi akademik meningkatkan kompetensi profesional guru sejarah. Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Supervisi Akademik

Copyrights © 2017