Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 10 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Kombo Pada Pokok Bahasan Konduktot Dan Isolator Melalui Metode Demonstrasi

Rusliadi, Rusliadi (Unknown)
Alibasayah, Lestari M P (Unknown)
As.A, Mestawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2017

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Kombo Kec. Dampal Selatan kab. Tolitoli pada mata pelajaran IPA. Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 kombo pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dengan jumlah siswa 20, yaitu terdiri dari 4 laki-laki dan 16 perempuan. Dari hasil evaluasi akhir siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 65 % sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 90 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 2 Kombo. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil belajar siswa

Copyrights © 2017