Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis
Vol 4, No 1 (2007)

ANALISIS PENGARUH SISTEM BAGIHASIL, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK BMT AL-HIKMAH BANGSRI

Muhammad Zaenuri (Dosen STIENU Jepara)
Bening Kristyassari (Dosen STIENU Jepara)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2007

Abstract

AbstractBanking products on the market very immeasurable, each having excellence. This matter will generate competition, to be able to muster fund and also channelling it to society. Purposes of this research is to analyse influence of sharing holder system factor, location and service to decision of client to chosen product BMT Al-Hikmah Bangsri.Independent Variable consist of sharing holder system, location and service, while dependent variable is decision of consumer to chosen product. Data type is primary data and secunder obtained with documentation and kuesioner. Research population is all consumer becoming client of BMT Al-Hikmah Bangsri which its amount unknown surely because is not available of data 'of research object. Amount ofsampel counted 100 taken client with technique of accidental sampling. Analysis technique the used is doubled linear regresi.Examination of hypothesis indicate that third independent variable (sharing holder system, location and service) having an positive effect and signiftkan to decision chosen product of BMT Al-Hikmah Bangsri by parsial and also simultan. Strongest variabel influence is location then sharing holder system and service. This matter indicate that especial consideration chosen product of BMT Al-Hikmah Bangsri because location. Keywords: sharing holder system, service, location and decision of consumerAbstraksiProduk-produk perbankan dan lembaga-keuangan-lainnya yang ditawarkan kcpada masyarakat sangat beragam, masing-masing mempunyai keunggulan yang bervariasi. Hal ini akan menimbulkan persaingan, untuk dapat menghimpun dana maupun menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor sistem bagi hasil, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan nasabah untuk memilih produk yang ditawarkan BMT Al-Hikmah Bangsri.Variabel independen terdiri dari sistem bagi hasil, pelayanan dan lokasi, sedangkan variabel dependen adalah keputusan konsumen. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sckunder yang diperoleh dengan kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang mcnjadi nasabah BMT Al-Hikmah Bangsri yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti karena tidak tersedianya data dari objek penelitian. Jumlah sampel sebanyak 100 nasabah yang diambil dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ketiga variabel independen (sistem bagi hasil, pelayanan dan lokasi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mcmilih produk BMT Al-Hikmah Bangsri baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Variabel yang memiliki pengaruh paling kuat adalah lokasi kemudian pelayanan dan sistem bagi hasil. Hal ini menunjukkan bahwa pertimbangan utama, bagi nasabah memilih produk BMT Al-Hikmah Bangsri adalah karena faktor lokasi. Kata kunci: sistem bagi hasil, pelayanan, lokasi dan keputusan konsumen 

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

JDEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara menyajikan artikel ilmiah di Bidang Ekonomi dan Bisnis baik umum maupun ...