Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada buku berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Kabupaten Merauke. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 2 Merauke yang berjumlah 27 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan gambaran mengenai kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada buku berbasis Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 27,95% siswa melakukan kesalahan konsep, 12,96% siswa melakukan kesalahan prinsip, 11,11% siswa melakukan kesalahan algoritma, dan 19,14% siswa melakukan kesalahan teknik (operasi matematika). Data persentase ini mengindikasikan bahwa terdapat 71,16% dari 27 siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada buku berbasis kurikulum 2013.
Copyrights © 2017