MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 1 (2017): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA BUKU BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 MERAUKE

Wijayanti Sri Lestari (Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)
Widya Munawaroh (Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)
Yuliana Maria Kondomburan (Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)
Murni Aprianti (Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)
Arin Mantara Anggawirya (Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada buku berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Kabupaten Merauke. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 2 Merauke yang berjumlah 27 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan gambaran mengenai kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada buku berbasis Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 27,95% siswa melakukan kesalahan konsep, 12,96% siswa melakukan kesalahan prinsip, 11,11% siswa melakukan kesalahan algoritma, dan 19,14% siswa melakukan kesalahan teknik (operasi matematika). Data persentase ini mengindikasikan bahwa terdapat 71,16% dari 27 siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada buku berbasis kurikulum 2013.

Copyrights © 2017