Tujuan penelitian ini adalah (1) Tingkat kompetensi guru Teknik Kendaraan Ringan dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (2) Kualitas diklat guru Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Di Kota Malang. (3) Kualifikasi pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Di Kota Malang. (4) Pengaruh antara kualitas diklat guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (5) Pengaruh antara pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (6) Pengaruh antara kualitas diklat dan pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. Perancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pengalaman guru teknik kendaraan ringan secara keseluruhan dapat dikategorikan memiliki kualifilkasi pengalaman âbaikâ. Tingkat kompetensi guru teknik kendaraan ringan dalam penelitia ini diukur dari 4 hal, yaitu: (1) kompetensi dalam perencanaan bengkel, (2) kompetensi dalam pengorganisasian bengkel, (3) pelaksanaan dan (4) kompetensi dalam pengawasan bengkel. Dalam penelitian ini ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pendidikan dan pelatihan (diklat) yang pernah diikuti oleh guru teknik kendaraan ringan dengan kompetensi guru teknik dalam mengelola bengkel. Pendidikan dan pelatihan (diklat) dan/atau latihan bagi pemimpin dapat menghasilkan perubahan perilaku dalam pekerjaan.
Copyrights © 2018