Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 5: Edisi 2 Juli-Desember 2018

DISIPLIN WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM INSAN CENDEKIA KOTA PEKANBARU

Wina Monica Sari (Unknown)
Aswandi Bahar (Unknown)
Widiastuti Widiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi tingkat disiplin wargabelajar dalam mengikuti program kesetaraan di PKBM Insan Cendekia di KotaPekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa tinggi tingkatdisiplin warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan di PKBM Insan CendekiaKota Pekanbaru. Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan meningkatkankedisiplinan warga belajar PKBM Insan Cendekia mengenai disiplin warga belajardalam mengikuti pendidikan kesetaraan di PKBM Insan Cendekia Kota Pekanbaru.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaituteknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel(Sugiyono, 2015:124). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah denganmenggunakan angket sebagai metode pengumpulan data, yang berjumlah 114 itempernyataan. Setelah angket diuji coba, terdapat 9 item yang tidak valid. Data diperolehdari responden yang berjumlah 20 orang untuk uji coba angket. Jadi untuk penelitianitem berjumlah 105 pernyataan yang disebarkan kepada 43 responden. Hasil analisisdata menunjukkan bahwa disiplin warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraandi PKBM Insan Cendekia Kota Pekanbaru dari jenis disiplin otoritarian tergolong dalamtafsiran sangat tinggi dengon skor persentase rata-rata 83,28%. Artinya pihak PKBMInsan Cendekia lebih cenderung menerapkan disiplin otoritarian sehingga warga belajarmematuhi peraturan yang ada karena akan ada sanksi atau hukuman yang didapat ketikamelanggar peraturan.Kata Kunci: Disiplin, Warga Belajar, Pendidikan Kesetaraan

Copyrights © 2018