Perkembangan prestasi belajar siswa madrasah aliyah saat ini tampak di lapangan masih tergolong rendah. Fenomena ini diduga akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan masyarakat berkenaan dengan layanan pemenuhan kebutuhan belajar siswa. Tujuan peningkatan pemenuhan kebutuhan belajar adalah untuk memenuhi kepuasan siswa di madrasah aliyah yang berdampak pada prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Data penelitian tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan responden guru dan Kinerja Mengajar Guru, Budaya Madrasah dan Kepuasaan Siswa dengan responden siswa. Sampel penelitian ditentukan melalui Proportionate stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan pengolahan data secara deskriptif dan uji hipotesis melalui program SPSS. Berdasarkan uji hipotesis ditemukan Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Mengajar Guru, Budaya Madrasah secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan salah satu variabel yaitu kepemimpinan kepala madrasah atau kinerja mengajar guru ataupun budaya madrasah akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kepuasan siswa. Kepuasaan Siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar, mencerminkan bahwa tinggi dan rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh Kepuasan Siswa.Rekomendasi penelitian ini adalah memberikan salah satu alternatif dalam peningkatan kepuasan siswa dan dampaknya pada prestasi belajar. The development of madrasah aliyah students’ learning achievements currently seems to be in the low category. The phenomenon is expected to influence on the community’s trust with the service of catering to students’ learning needs. The improvement in the catering of learning needs aims to meet students’ satisfaction in madrasah aliyah that will impact on their learning achievements. This research employed quantitative approach through survey. Research data on Madrasah Principal’s Leadership used teachers as respondents, and data on Teacher’s Teaching Performance and Madrasah Culture used students as the respondents. Research sample was determined using proportionate stratified random sampling. Data were collected through questionnaires employing descriptive data processing, and hypothesis test was done with SPSS program. Based on the hypothesis test, Madrasah Principal’s Leadership, Teacher’s Teaching Performance, Madrasah Culture simultaneously had influence on students’ satisfaction. This showed that the improvement of one variable, namely Madrasah Principal’s Leadership or Teacher’s Teaching Performance, or Madrasah Culture will influence the improvement in students’ satisfaction. Students’ satisfaction had influence on learning achievements, showing that the levels of students’ achievement are affected by their satisfaction. The research has recommended one of the alternatives to improve students’ satisfaction and its impact on learning achievements.
Copyrights © 2014