JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN METODE SQ3R DAN PERMAINAN STABILO KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK

Halimah, Halimah (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)
Aeni, Ani Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V A SDN Tolengas mengalamikesulitan dalam menentukan ide pokok/ pokok masalah pada tiap paragraf dan membuatsimpulan isi cerita anak. Oleh karena itu, peneliti menentukan tindakan untuk menyelesaikanpermasalahan tersebut dengan menerapkan metode SQ3R dan permainan Stabilo Kalimat.Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan hasil penelitian kinerja guru (perencanaan)siklus I mencapai persentase 95,55%, siklus II 97,77%, dan siklus III 100%. Kinerja guru(pelaksanaan) pada siklus I mencapai 78,94%, siklus II menjadi 85,96% dan pada siklus IIImencapai 100%. Aktivitas siswa yang mencapai interpretasi sangat baik yaitu pada siklus Ienam siswa (28,57%), siklus II 14 siswa (63,63%), dan siklus III 21 siswa (91,3%). Sedangkanhasil belajar siswa yang mencapai KKM pada data awal yaitu empat siswa (17,39%). Setelahdilakukan tindakan mengalami peningkatan menjadi sembilan siswa (42,58%) pada siklus I,siklus II 14 siswa (63,64%), dan siklus III menjadi 21 siswa (91,3%). Dengan demikian, dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dan permainan Stabilo Kalimat dapatmeningkatkan kemampuan membaca dalam menyimpulkan isi cerita anak di kelas V A SDNTolengas.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...