Berdasarkan hasil data awal pembelajaran menulis pengumuman di kelas IV SDN Rancamulyadiperoleh 39,39% dari 32 siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Atas dasar permasalahan tersebut diterapkan model pembelajaran genre based writing dengan permainan scramble. Tujuannya untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan mengacu pada desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Dalam penelitian ini disimpulkan pada siklus I perencanaan kinerja mencapai 85,71%, pelaksanaan kinerja mencapai 80%, aktivitas siswa yang mencapai minimal kriteria B sebanyak 50%, hasil keterampilan menulis pengumuman siswa mencapai 59,37%. Pada siklus II perencanaan kinerja mencapai 97,61%, pelaksanaan kinerja mencapai 93,33%, aktivitas siswa yang mencapai minimal kriteria B sebanyak 78%, hasil keterampilan menulis pengumuman siswa mencapai 75%. Pada siklus III perencanaan kinerja mencapai 100%, pelaksanaan kinerja mencapai 100%, aktivitas siswa yang mencapai minimal kriteria B sebanyak 88%, hasil keterampilan menulis pengumuman siswa mencapai 87,5%.
Copyrights © 2016