BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks
Vol 5, No 2 (2017): August

Revolusi Mental Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Melalui Penerapan Social Emotional Learning (SEL)

Syamsuddin, Syamsuddin (Unknown)
Wiyono, Giri (Unknown)
Khilmiyah, Akif (Unknown)
Muhammad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2017

Abstract

Tujuan program pengabdian ini (1) untuk mengubah mindset guru-guru PAI SD se KKG PAI kecamatan Kasihan Bantul agar terjadi revolusi mental guna meningkatkan kreativitas guru dalam memperbaiki karakter siswa, dan (2) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan membuat media pembelajaran dengan pendekatan social emotional learning. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi seminar kreativitas untuk guru PAI, workshop metode dan media pembelajaran melalui pendekatan SEL, Bimbingan Teknis pembuatan RPP guru PAI pendekatan SEL, pendampingan praktik mengajar dengan pendekatan SEL. Kesimpulan hasil pengabdian ini adalah (1) Terdapat perubahan mindset dan mental pada guru-guru PAI-SD se-Kecamatan Kasihan sebesar 74%. Perubahan tersebut tampak dalam keberaniannya melakukan inovasi dalam mengajar yang kreatif.(2) Kemampuan guru PAI memahami konsep dan implementasi model pembelajaran SEL cukup baik yakni sebesar 68%. (3) Kemampuan inovatif guru PAI dalam membuat media pembelajaran dan memilih strategi pembelajaran berbasis kecerdasan emosi dan sosial terbukti mampu mempengaruhi perubahan mental siswa menjadi pribadi berkarakter. Kata Kunci: Revolusi mental, Social Emotional Learning, Pendidikan karakter

Copyrights © 2017