Journal of Natural Science and Integration
Vol 1, No 1 (2018): JNSI

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus

Niki Dian Permana P (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapanmodel pembelajaran learning cycle 7E berbantuan website pada materikinematika gerak lurus dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritissiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimentdengan desain therandomized pretest–posttest control group design.Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA (matematikadan ilmupengetahuan alam) pada salah satu SMA di Kota Bandung dengan sampelsebanyak dua kelas yang dipilih dengan metoderandomized samplingclass.Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttestuntuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Ujihipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t(independent sample t test) pada skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g>pada keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,69 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Pada setiap aspek keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan website secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa daripada penerapan model pembelajaran learning cycle 7E tanpa berbantuan websitepada materi kinematika gerak lurus.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...