Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 1, No 1 (2018): April

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI BERBAGAI METODE DENGAN KEGIATAN YANG BERVARIASI PADA KELOMPOK B RA AL-FITYAH PEKANBARU

Ayu May Fitra Sari (Universitas Terbuka Pekanbaru, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B melalui berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi di RA AL-FITYAH Pekanbaru.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B di RA AL-FITYAH Pekanbaru.Analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode deskripti analisis yaitu metode analisa data dengan subyek 16 orang anak kelompok B RA AL-FITYAH Pekanbaru. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak didik kelompok B RA AL-FITYAH Pekanbaru dikatakan berhasil dibuktikan dengan perolehan seluruh subjek penelitian berjumlah 16 orang anak pada siklus II telah mengalami peningkatan pencapaian sebesar 81%. Peningkatan keaksaaan pada anak dalam siklus II mampu menguasai indikator dapat menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya dan mampu membaca beberapa kata berdasarkan gambar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KINDERGARTEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia ...