Buffer Informatika
Vol 1, No 1 (2015)

STEGANOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE LSB DAN ALGORITMA HILL CIPHER

Supratman, Sherly Gina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

AbstrakJaringan Komunikasi seperti Internet  merupakan jaringan yang tidak aman untuk mentransmisi data, seperti teks, audio,video dan citra digital. Salah satu cara untuk pengamanan data dapat dilakukan dengan menggunakan proses kriptografi dan  steganografi. Penggunaan ini dengan tujuan untuk merahasiakan pesan yang dikirim dan sekaligus menghindarkan pesan tersebut dari kecurigaan pihak lain yang tidak berkepentingan.Pesan yang digunakan dalam makalah ini adalah berupa text dengan menyisipkannya pada gambar. Pada proses kriptografi, pesan yang berupa text akan dienkrip dengan algoritma Hill Chiper, dan kemudian pesan yang telah dienkrip akan dilakukan proses steganografi pada citra digital  8 bit dengan skala 0 – 255, dengan metode Least Significant Bit ( LSB ). Kata kunci: Kriptografi, Hill Chiper, Steganografi, Least Significant Bit AbstractCommunication Networks such as the Internet are unsafe networks for transmitting data, such as text, audio, video and digital imagery. One way to secure data can be done by using cryptography and steganography process. This use is for the purpose of concealing messages being transmitted and avoiding such messages from the suspicion by others who are not interested.The message used in this paper is text by inserting it in the image. In the cryptographic process, text messages will be encrypted with the Hill Chiper algorithm, and then the encrypted message will be steganographed on 8-bit digital images on a scale of 0-255, using the Least Significant Bit (LSB) method. Keywords: Cryptography, Hill Chiper, Steganography, Least Significant Bit

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

buffer

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

BUFFER INFORMATIKA adalah jurnal peer-review tentang Informasi dan Teknologi yang mencakup semua cabang IT dan sub-disiplin ilmu termasuk Algoritma, Jaringan Komputer, Game, Rekayasa Perangkat Lunak, Aplikasi Mobile, Kecerdasan Buatan, Image Processing, Grafik Komputer, Data Maining dan Informasi ...