Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 1 (2018): Pendidikan Dasar

Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah

Taqiudin zarkasi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2018

Abstract

Seiring dengan perkembagan zaman dan kemauan teknologi bangsa indonesia sudah mampu mengukir prestasi di kancah internasioanl, tidak ketinggalan bidang pendidikan, banyak pelajara Indonesia berhasil menjuari olimpiade sains, Komputer di tingkat dunia. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak punya tata krama, suka tawuran, minum minuman keras, senang narkotika, dan hobi kebut-kebutan mengendarai sepeda motor di jalan raya. kenyataan ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasioanal dimana pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, melalui pertauran presiden tahun 2017 no 87 tentang penguatan pendidikan karakter pemerintah lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan, telah teridentifikasi 18 nilai pembentuk karakter bangsa Indonesia yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional. Sejalan dengan hal tersebut Pondok pesanantren yag mengelola lembaga pendidikan jauh sebelumnya sudah terlebih dahulu menggalakan penguatan pendidikan karakter melalui Tata karma dan akhlak serta peraturan untuk santri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mutaaliyah

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan ...