Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran dari kualitas pelayanan akademik di Akademi Pariwisata Mataram, (2) pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, (3) pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa, (4) pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa, dan (5) pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa. Peneltian ini merupakan penelitian survei. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian sebanyak 255 orang sedangkan sampelnya sebanyak 100 orang. Perhitungan sampel dengan Slovin dan penentuan sampel menggunakan Proportionate random sampling. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan alat bantu menggunakan SPSS versi 22. Hasil deskrifsi keseluruhan aspek pada kualitas pelayanan akademik digambarkan dengan kualitas sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan, yaitu uji F, dan uji hipotesis secara parsial, yaitu uji t, ditemukan pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa, juga ditemukan pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuas-an mahaiswa
Copyrights © 2018