Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

APLIKASI PEMBELAJARAN PIANO DASAR UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS WEB DENGAN METODE FINGERING MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 ACTION SCRIPT 2.0

Sem Fredrix Lesnussa (Unknown)
Aulia Iefan Datya (Unknown)
Christian Tonyjanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2018

Abstract

ABSTRACT  This study aims to develop a web-based piano learning application with the subject of pianoexploration, to determine the feasibility level of the learning application as a learning medium indelivering piano technique of piano technique. This learning application is expected to motivateuser (student) to learn music especially piano. The method used in this research is research anddevelopment or known SDLC (System Development Life Cycle) The process of developing thislearning application consists of several stages, among others: 1) System Analysis), 2) design, 3)Implementation 4) Testing. Testing is done by directly pressing the keys of the piano that will beimplemented into the system. The method used in data collection is by observation, the dataobtained then analyzed the piano buttons will produce the audio in accordance with the pianonotation. This research shows that if the C = do, D = re, E = mi, F = Fa, G = Sol, A = La, B = Si,C = Do. Based on these data can be concluded that the application of web-based piano learningfeasible to be used for instructional media.Keywords: Learning app, web-based piano ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran piano berbasis web dengan pokok materi penjarian piano, untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasipembelajaran tersebut sebagai media pembelajaran dalam menyampaikan materi teknik penjarianpiano. Aplikasi pembelajaran ini diharapkan mampu memotivasi user (siswa) untuk belajar musikterutama piano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembanganatau dikenal SDLC (System Development Life Cycle) Proses pengembangan aplikasi pembelajaran ini terdiri dari beberapa tahap, antara lain : 1) Analisis Sistem), 2) design (desain), 3)Implementasi 4) testing (pengujian). Pengujian dilakukan dengan langsung menekan tuts-tutspiano yang akan di implementasikan ke dalam sistem. Metode yang digunakan dalampengumpulan data adalah dengan observasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis tomboltombolpianoakanmenghasilkanaudioyangsesuaidengannotasipianopenelitianinimenunjukanbahwajika tombol C= do, D= re, E=mi, F=Fa, G=Sol, A=La, B=Si, C= Do. Berdasarkan datatersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran piano berbasis web layak digunakanuntuk media pembelajaran.  Kata kunci: Aplikasi pembelajaran, piano berbasis web

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang teknologi informasi dan komputer. Jurnal ini merupakan sarana bagi peneliti di bidang ilmu teknologi informasi dan komputer untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya. Redaksi penyunting jurnal ...