JURNAL NOKEN : Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Noken

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong

Anwar, Zakiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, SMP Negeri 6 Kota Sorong. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 35 orang dengan cara Cluster Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini digunakan untuk mengetahui persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar untuk tiap jenis kesalahan. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut persentase tiap jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar adalah kesalahan konsep  sebesar 54, 73%  dikategorikan  dalam kategori rendah, kesalahan fakta sebesar 5,71% dikategorikan dalam kategori sangat rendah, kesalahan prinsip sebesar 53,85% dikategorikan dalam katergori rendah, kesalahan keterampilan sebesar 82,86% dikategorikan dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jn

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Noken (Social Science) is biannual publication issued in the month of December and March. noken is a scientific journal which prioritizes the publication of articles (research and non-research based) regarding to social science issues that deal with social science issues such as social and ...