JURNAL NOKEN : Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Noken

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INTERACTION (ICI) DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Kahar, Muhammad Syahrul (Unknown)
Layn, Muhamad Ruslan (Unknown)
Mandasari, Irna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar setelah diberikan pembelajaran mengunakan model Interactive Conceptual Interaction (ICI) dalam pemecahan masalaah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Negeri Model Kota Sorong pada kelas VII D, yang berjumlah 35 peserta didik, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Tes dan Observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis N-Gain. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan SPSS 23.0. dapat terlihat bahwa nilai signifikan (Sig. 2-tailed) dengan uji-t adalah 0,032 dan thitung = -0,777 . Karena nilai thitung berada didaerah penolakan H0 karena thitung < ttabel (-0,777 < 2,0345) maka H0 nya ditolak.Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, H0 ditolak. Ini menunjukkan bahwa pemberian model pembelajaran Interactive Conceptual Interaction (ICI) berpengaruh pada hasil belajar pada peserta didik. Sehingga dapat dilihat jelas bahwa model pembelajaran interactive Conceptual Interaction (ICI) berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematika peserta didik. Terdapat peningkatan pemecahan msalah peserta didik dapat dilihat dari N – Gain pad akelas yang diajar sebesar 0,55 yang berada pada kreteria sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengunaan model pembelajaran Interactive Conceptual Interaction (ICI), lebih efektif terhadap pemecahan masalah matematika Peserta didik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jn

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Noken (Social Science) is biannual publication issued in the month of December and March. noken is a scientific journal which prioritizes the publication of articles (research and non-research based) regarding to social science issues that deal with social science issues such as social and ...