Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1, No 1 (2015): Oktober 2015

Kerjasama antara Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter

Barsihanor Barsihanor (Prodi Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Kalimantan MAB, Barito Kuala, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2015

Abstract

IndonesiaPendahuluan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1)  bentuk kerjasama yang dilakukan oleh sekolah dengan keluarga dalam pendidikan karakter siswa di  SDIT Nurul Fikri Banjarmasin dan SDI As-Salam Malang, 2) menganalisis model pendidikan karakter siswa yang dilakukan oleh sekolah dengan keluarga di 2 sekolah tersebut, dan 3) menganalisis implikasi kerjasama antara sekolah dengan keluarga di 2 sekolah tersebut. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil: Bentuk kerjasama yang dilakukan sekolah dengan keluarga dalam pendidikan karakter adalah melalui pertemuan awal ajaran baru, komite sekolah, Pertemuan orangtua murid dan guru (POMG), Paguyuban, home visit, via ponsel, konsultasi langsung, dwi bulanan dan buku penghubung. Model pendidikan karakter yang diterapkannya adalah keteladanan, pembiasaan, nasehat, disiplin, perhatian, pengawasan, hadiah dan hukuman. Implikasi dari kerjasama tersebut meliputi pertukaran informasi, keterbukaan, dan pengawasan. Kesimpulan: Berbagai bentuk kerjasama tersebut memberikan pengaruh yang baik pada karakter anak. Karena itu, orang tua sebaiknya mendukung kegiatan tersebut. EnglishIntroduction: :  The purposes of this research are to analyze: 1) the cooperation between school side and family, 2) the character education model is conducted of school side and family, and 3) the implications of the cooperation between school side and family Integrated Islamic Elementary School Nurul Fikri in Banjarmasin and Islamic Elementary School As-salam in Malang. Metode: Case study was used in this research. Result: The cooperation which was did by schools side and families in character education is trough yearly meeting, school committees, parent-teacher meetings (POMG), Paguyuban, home visit, via phone, direct consultation, and liaison book. The character education models are good figure, habituation, advice, discipline, attention, supervision, reward and punishment. The implications of this cooperation include to exchange of information, transparency, and supervision. Conclusion: Many of the cooperations gave positive effect for children character. Therefore, the parents should support the activities.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnalmuallimuna

Publisher

Subject

Education

Description

Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah has electronic ISSN 2476-9703. It is national journal published two times a year (October & April) by the Faculty of Islamic Study & Unit Publication and Management Journal of Islamic University of Kalimantan MAB ...