Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN SIMULASI MEDIA MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Syamsul Arifin (STIE PEMUDA)
Priyo Utomo (STIE PEMUDA)
Nur Aini Anisa (STIE PEMUDA)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini di tujukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dengan simulasi media monopoli pada mata pelajaran ekonomi materi pokok monopoli kelas XI IIS I SMA IPIEMS surabaya di laksanakan dua sikus yakni siklus I dan siklus II. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan PTK yang berusaha memecahkan atau menjawabpermasalahan yang dihadapi pada situasi yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran yang di lakukan dengan model pembelajaran kooperartif tipe teams games tournament pada kelas XI IIS SMA IPIEMS mengalamami peningkatan. Rata-rata ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 34,1% dan pada siklus kedua meningkat sebesar 86,7%Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan Media Permainan Monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok Pasar Modal Kelas XI IIS I SMA IPIEMS Surabaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...